Sinopsis : Film Akhir Kisah Cinta Si Doel

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel rilis di bioskop-bioskop Indonesia hari ini. Film ini adalahfilm ketiga dari trilogi Si Doel The Movie. Di film ini, Doel bakal memilih antara Zaenab (Maudy Koesnaedi) atau Sarah (Cornelia Agatha).

Kegembiraan tercurah untuk keluarga Doel (Rano Karno) ketika Sarah pulang ke Jakarta. Tidak melulu sendiri, Sarah pun pulang bareng Dul (Rey Bong). Walaupun terdapat kebahagiaan, tetap saja, kepulangan Sarah bakal kembali menyeret Zaenab dan Doel ke dalam ombak cinta segitiga.

Zaenab yang positif hamil berada dalam kebimbangan. Dia masih trauma pernah kehilangan buah hati di masa lalu. Belum selesai kecemasan itu, Zaenab sekarang harus memilih antara tetap sedang di sisi Doel, atau merelakannya demi membulatkan kembali suatu keluarga. Sarah pun tidak kalah pelik keadaannya. Dia mesti menyimpulkan apakah bakal mantap bercerai dengan Doel atau rujuk pulang demi Dul si buah hatinya. Waktu yang semakin mendesak menciptakan Doel mesti cepat menyimpulkan ke mana hati dan raga seutuhnya berlabuh.

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel


Di samping pemain di atas, aktor dan aktris beda yang bergabung di antaranya Mandra, Suti Karno, Aminah Cendrakasih, dan Ahmad Zulhoir Mardia. Rano Karno masih bakal menjadi pengarang naskah dan sutradara dalam film ini, laksana dua film sebelumnya.

Rano Karno merasa mesti mengakhiri cerita cinta segitiga ini setelah dilangsungkan selama 27 tahun. “Saya mesti menyelesaikan walaupun pilihannya barangkali tidak menyenangkan,” kata Rano Karno.

Mengakhiri kisah yang panjang dan menghabiskan emosi ini kelihatannya tidak mudah untuk Rano. Dalam proses pemungutan gambar film ini, Rano merasa perlu menciptakan beberapa pilihan akhir cerita. Bahkan Maudy Koesnaedi dan Cornelia Agatha pun belum tahu akhir filmnya. “Ya itulah, saking cintanya saya pada dua orang ini, namun orang yang sangat saya cintai Mak Nyak,” kata Rano. “Pesannya hanya satu, ‘Dul, elu enggak boleh poligami ya.’ Akhirnya Si Doel Memilih.” Sebelum film ini, dua film sebelumnya Si Doel the Movie rilis tahun 2018 dan Si Doel the Movie 2 rilis tahun 2019.

Film kesatu bercerita ketika sudah 14 tahun Sarah pergi tanpa kabar dan perpisahan yang tidak jelas. Hati Doel masih memendam rasa rindu meskipun sudah berumah tangga dengan Zaenab. Melalui perantara Hans (Adam Jagwani), Sarah meminta Doel datang ke Amsterdam guna bertemu dengan Dul (Rey Bong), anak hasil pernikahannya dengan Doel. Doel berangkat mengarah ke Amsterdam bareng Mandra (Mandra YS). Di sana, mereka bertemu dengan Sarah dan anaknya, Dul. Pertemuan tersebut memunculkan asa sekaligus derita. Apakah Doel akan berpulang kepada cinta lamanya atau tetap setia dengan cintanya ketika ini?

Si Doel the Movie kesatu mendapat penghargaan dalam ajang Piala Citra 2018 sebagai Pencipta Skenario Adaptasi Terbaik. Rey Bong pun menjadi Pemain Anak Pilihan Tempo pada Festival Film Tempo 2018.

Sementara pada film kedua bercerita ketika Zaenab mendengar informasi bahwa suaminya bertemu dengan Sarah, mantan kekasih dan anaknya. Hal tersebut tentu saja menciptakan Zaenab resah dan bingung untuk beraksi ke depannya, antara menjaga pernikahannya dengan Doel atau merelakannya.

Keadaan meningkat rumit ketika Doel menuliskan bahwa Sarah dan Dul bakal menetap di Jakarta. Sedikit asa mulai terbuka ketika Doel mendapat kabar dari Atun (Suti Karno) bahwa bisa jadi Zaenab tengah berisi.

Penegasan datang ketika Sarah datang dan mengungkapkan penyesalan atas urusan yang terjadi di masa lalu untuk Mak Nyak (Aminah Cendrakasih). Sarah pun meminta Dul guna memanggil Zaenab sebagai ibu.

Si Doel the Movie 2 mendapat penghargaan dalam ajang Piala Citra dalam kelompok Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Penghargaan tersebut diterima oleh Mandra YS. Dalam ajang yang sama, Rano Karno pun mendapat penghargaan kelompok Pencipta Skenario Adaptasi Terbaik.
Related Posts